Satu Warta
BeritaDaerah

Pendaratan Darurat Pesawat Lion Air di Bandara Kualanamu: Penjelasan dan Prosesnya

baca juga: Arus Lalu Lintas Jl Raya Puncak Bogor Lancar dan Sistem Ganjil-Genap Tidak Diberlakukan

Kronologi Kejadian

Beredarlah video di media sosial yang menampilkan pesawat Lion Air mengalami situasi berputar-putar di langit Kota Binjai, Sumatera Utara, sebelum akhirnya mendarat di Bandara Kualanamu. Peristiwa ini melibatkan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 yang seharusnya melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Jeddah. Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan bahwa pendaratan di Bandara Kualanamu tersebut bukanlah tanpa alasan.

Liquid Kaze Low Nikotin

Penyebab Pengalihan Pendaratan

Menurut keterangan resmi yang disampaikan oleh Danang Mandala Prihantoro, penutupan wilayah udara di Sri Lanka menjadi penyebab utama pengalihan pendaratan pesawat tersebut. Otoritas Sri Lanka memberlakukan penutupan sementara wilayah udara di sana, yang memaksa pesawat Lion Air melakukan pengalihan pendaratan ke bandara alternatif.

Iklan Backlink

Proses Pendaratan dan Tindakan Pengamanan

Pengalihan pendaratan ke bandara alternatif bukanlah hal yang tidak biasa dalam dunia penerbangan. Menurut Danang, hal ini merupakan bagian dari prosedur standar untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan. Penting untuk dicatat bahwa pengalihan pendaratan tersebut tidak disebabkan oleh masalah teknis pada pesawat. Pesawat Lion Air melakukan pengelilingan udara sebelum mendarat di Bandara Kualanamu untuk mengurangi berat pesawat melalui konsumsi bahan bakar. Langkah ini diambil untuk memastikan pendaratan sesuai dengan batas berat pesawat saat mendarat.

Emkay Device Pods

Kelanjutan Perjalanan

Setelah mendarat dengan selamat di Bandara Kualanamu, pesawat Lion Air menunggu hingga wilayah udara Sri Lanka dibuka kembali dan dianggap aman untuk dilayani. Danang memastikan bahwa prosedur pengalihan pendaratan ini menunjukkan komitmen Lion Air dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru pesawat. Setelah wilayah udara Sri Lanka dibuka kembali, pesawat Lion Air melanjutkan perjalanan menuju Jeddah.

Iklan Hosting

Respons dari Masyarakat

Video mengenai pesawat Lion Air yang mengalami situasi berputar-putar sebelum mendarat di Bandara Kualanamu telah beredar di media sosial sejak Senin. Video tersebut menunjukkan kekhawatiran dari sejumlah warga terkait situasi pesawat tersebut sebelum mendarat dengan selamat.

Kesimpulan

Dengan demikian, pendaratan darurat pesawat Lion Air di Bandara Kualanamu memicu perhatian dan kekhawatiran dari masyarakat. Namun, penjelasan resmi dari pihak Lion Air menegaskan bahwa pengalihan pendaratan tersebut adalah tindakan yang diambil untuk menjaga keselamatan penerbangan dalam situasi darurat yang disebabkan oleh penutupan wilayah udara di Sri Lanka.

Related posts

Pebiliar Muda Asal Tabalong, Kalimantan Selatan, Elvino Vallen Menorehkan Prestasi Gemilang

Satuwarta

Ragukan Kebocoran Data dari LockBit: CISSReC Menganalisis Lebih Lanjut

Satuwarta

Gempa Bumi di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur: Kekuatan Alam yang Merusak

Agung

Leave a Comment