Teknologi

Inikah Jawaban, Kenapa Hp Sekarang Mulai Meninggalkan Memori Eksternal?

Era setelah masuknya Android perlahan semua produsen hape berlomba-lomba menyediakan fitur memori eksternal. Menyenangkan memang karena dengan kapasitas memori lebih besar ruang simpannya kita jadi lebih leluasa menyimpan file apapun.

Bukan hanya foto, lagu, dan atau file movie, tapi semakin besar memori terdapat di hp kita akhirnya file-file pekerjaan berjenis dokumen, web dan lainnya ikut disimpan disini. Praktis dan efesien seolah semua ada dalam genggaman.

Namun sadarkah kalian kalau sekarang-sekarang ini produsen hp mulai menyediakan memori internal lebih besar terutama di smartphone flagship mereka? Meski tetap ada slot untuk menyisipkan memori eksternal tapi ada juga yang perlahan menutup akses memori eksternal di hapenya?

Femomena apakah ini, apakah produsen hp dan produsen memori eksternal sedang tidak baik-baik saja? Bisa iya bisa tidak juga. Saya pribadi tidak bisa menjawabnya tapi ini jadi sebuah keuntungan pemakai hp itu sendiri, kok bisa?

Yes, dengan menggunakan ROM internal yang dulunya maksimal digunakan untuk menyimpan semua berkas sistem atau sistem operasi baru sisanya dibagi ke pengguna kini dengan semakin besarnya kapasitas RAM dan hardware yang semakin mumpuni membuat kerja hp semakin stabil.

Menggunakan memori internal RAM (Random Access Memory) dan ROM internal (terpisah?) akan meminimalisir bahkan menghilangkan nge-lag proses data saat hp digunakan. Data bisa diproses lebih cepat karena nyaris tidak ada proses transfer lebih lama karena mungkin memori eksternal mulai rusak, tida terbaca karena salah pemasangan, tidak support atau terkena virus.

Apakah kedepan konsumen akan digiring memanfaatkan penyimpanan data secara Cloud sistem bila memori internal hp sudah tidak lagi memadai? Saya juga tidak bisa menjawab pertanyaan ini.

Tapi, untuk saat ini ketika kita masih bisa menggunakan memori eksternal sesuka hati maka gunakanlah dengan bijak agar tidak ketergantungan dengan mengupgrade kapasitas RAM yang ujung-ujungnya nambah biaya lagi buat membeli nemori baru yang jelas kapasitasnya harus lebih besar. Nggak akan ada habisnya, percayalah.

Related posts

Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan SSSTikTok, Mudah Tanpa Ribet

Arif Darmaji

Logitech Luncurkan Webcam Brio 500 dan Headphone Vibe 100 di Indonesia

Cara Cek Sertifikat Tanah Online Melalui Aplikasi Handphone, Resmi

rumi