Teknologi

5 Aplikasi Android Jadul yang Sekarang Sudah Tidak Berguna dan Hanya Jadi Beban

Tidak terasa, Android sebagai sistem operasi mobile usianya sudah 14 tahun setelah diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008 yang lalu. Android ketika pertama kali meluncur tidak langsung sangat canggih seperti sekarang.

Walaupun saat itu Android berhasil membuat orang-orang kagum karena fitur-fiturnya, namun Android jaman dulu mempunyai keterbatasan seperti RAM yang kecil, baterai yang boros, sampai dengan sering ngelag. Bukan hanya itu, pengguna Android sekitar sepuluh tahun yang lalu sering kali menginstal aplikasi yang sebenarnya kalau dilihat sekarang aplikasi tersebut tidak berguna dan hanya memberatkan kinerja device. Aplikasi apa sajakah itu?

 

1. Clean Master dan Task Killer

Clean Master dan Task Killer

Clean Master sering diinstal di device Android jadul untuk membersihkan RAM alias task killer. Padahal dengan adanya aplikasi ini, hanya menambah berat dan memenuhi RAM. Toh, di dalam Android sudah ada fitur untuk mengosongkan RAM dengan cara memberhentiian aplikasi di latar belakang.

Sekarang ini Android sudah disertakan aplikasi pembersih file bawaan yang berguna untuk menghapus file-file tidak penting. Tidak perlu lagi membutuhkan Clean Master dan sejenisnya.

 

2. Keyboard Alay

Bukan keyboard dengan ketikan karakter yang alay, melainkan keyboard pihak ketiga yang tampilan skinnya ramai seperti Go Keyboard. Sekarang aplikasi seperti ini sudah tak berguna karena Gboard, aplikasi bawaan Android sudah bisa diubah-ubah sesuka hati temanya termasuk menggunakan foto sendiri dan tentunya lebih ringan dan stabil dengan sistem.

 

3. Go SMS dan Lainnya

Karena Android tampilannya bisa diubah-ubah, banyak penggunanya di kala itu mengubah berbagai tampilan SMS original dengan aplikasi pihak ketiga seperti GO SMS. Tapi aplikasi seperti ini justru membuat Android semakin lemot karena aplikasi terus berjalan di latar belakang. Pengguna Android jadul memang seringkali mementingkan tampilan yang ramai daripada fungsi. Kebalikan dari pengguna iPhone.

 

4. Launcher Pihak Ketiga yang Norak

Saat ini para pengguna Android lebih banyak menggunakan launcher bawaan yang sangat stabil dan ringan. Beda dengan Android jadul yang penggunanya menginstal launcher pihak ketiga yang tampilannya norak minta ampun. Selain norak dan ramai, juga ada iklannya. Dulu sih yang banyak pakai launcher yang rame itu para abg khususnya abg yang cewek.

 

5 Penghemat Baterai

Masih ingat ketika jamannya Android masih sangat boros baterai? Ya, baterai smartphone kala itu memang borosnya bukan main. Sehari bisa tiga kali charging dan membutuhkan bantuan power bank. Para pengguna pun ada yang menginstal aplikasi penghemat baterai yang sebenarnya tidak berpengaruh apa-apa dan justru semakin membuat baterai tambah boros. Sekarang aplikasi ini jadi semakin tidak berguna ketika smartphone kapasitas baterainya semakin besar.

Mungkin itu 5 Aplikasi android jadul yang sekarang sudah tidak berguna, atau jangan-jangan Kamu masih menggunakannya?

Related posts

AI dapat membantu memerangi perubahan iklim tetapi juga dapat memperburuknya

rumi

Logitech BRIO 4K STREAM EDITION, Webcam Dengan Kamera Ultra-High Definition

rumi

Memilih Web Browser yang Aman Untuk Privasi Data

rumi